Rabu, 17 Juni 2015

marhaban ya ramadhan

Ini tahun ke 4 puasa bareng kak Akma. Tahun pertama masih di dalam perut, tahun kedua masih bayi dan tahun ketiga sekitar umur 1 tahun . Dan tahun ketiga sekarang ini diusianya yang ke2 tahun lebih 3 bulan. Almarhumah umi selalu berpesan, punya momongan bukan jadi alasan kita tidak berpuasa. Justru semenjak si jabang bayi dalam kandungan, kita diberi kesempatan special dari Allah yaitu mengajaknya belajar berpuasa. InsyaAllah kedepannya kelak kalau sudah besar dia juga mudah kita ajari berpuasa. Aamin. Dan saat sedang hamil malah puasanya bisa sebulan full tanpa bolong. Walaupun Allah juga memberi keringanan bagi ibu hamil dan ibu menyusui boleh tidak berpuasa. Dengan membayar fidyah sebagai penggantinya.

Tahun pertama puasa waktu hamil akma alhamdulillah tidak begitu berat. Soalnya hamil juga ga begitu rewel. Asal tidak muntah pagi harinya, puasa tetep lanjut. Morning sicknessnya ga tiap hari untungnya hehehe. Waktu itu malah masih kerja juga. Tidak lupa ajak komunikasi akma biar mau nemenin mamanya puasa. Ngomong sendiri sambil elus-elus perut hihihi. Lucu. Respon Akma juga lucu.  tendang sini tendang sana hohoho. Anak jempolnya mamaaa. Walaupun bolong beberapa hari tapi alhamdulillah masih bisa jadi penggembira di bulan ramadhan.

Puasa tahun kedua lagi jadi busui (ibu menyusui) tetap pantang menyerah ikutan puasa. Menu makan sahur dan buka puasa serba hijau. Udah mirip-mirip kambing hahaha.Dan menu utama yaitu daun katuk. Entah ditumislah, dimasak beninglah, dicampur suplah, apalah apalah. Walaupun kadang ga nyambung, asal disambung-sambungin aja. Minumnya susu kedelai. Pokoknya apa aja dimakan biar kualitas asi tetep oke. Tiap sahur juga si baby akma ikutan sahur. Alhamdulillah. Pengalaman saya, menyusui bukan halangan untuk berpuasa. Puasa lancar, asi tetap melimpah.

Puasa tahun ketiga akma umur setahunan. Kalau sahur ikutan sahur. Iyaaaa ikut ngeributin mamanya masak buat sahur. Habis subuh juga ga merem-merem lagi. Hadehhhh. Anak soleh, latihan ikutan sahur ya sayang.

Tahun ini puasa tahun keempat with kak akma. Udah umur 2 tahunan. Sahur pertama mama papanya udah klutak-klutik makan sahur, dianya santai aja tetep tidur hahaha. Capek ya bos, semalem baru pulang dari semarang nengokin sepupu barunya. Siangnya juga ga tidur. Mungkin capek berat ya. Keasyikan main. Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan yang penuh berkah. Semoga puasa lancar, lancar berburu pahala dan mendapat berkah ramadhan. Selamat berpuasa, mohon maaf lahir dan batin.


4 komentar:

  1. yuk sama-sama berburu amal kebaikan dibulan suci ini. Selamat menjalankan ibadah ramadhan ya mbak

    BalasHapus
  2. hayukkk..makasih ya mbak..semoga kita mendapat berkah ramadhan...

    BalasHapus
  3. Semangat terus puasanya ya Kk Akma :)

    BalasHapus