Kamis, 15 Januari 2015

frozen food | nugget sawi udang


Pernah ga ngalamin telat bangun buat masak atau anak minta makan disaat yang tidak terduga? Mau masak dulu kelamaan. Padahal si jagoan udah ga sabar pengen cepet2 makan. Hmmmm pasti rasanya kemrungsung. Bahasa apa coba kemrungsung hehehe. Panik,bingung campur aduk deh pokoknya.

Kalau buat saya hal seperti itu bisa diatasi dengan salah satu senjata bernama frozen food. Mungkin praktisnya tinggal beli lalu disimpan di frezer. Sudah banyak berbagai merk dan jenis yang beredar di pasaran. Tinggal pilih. Nanti kapan dibutuhin tinggal sreng sreng deh digoreng. Bisa dibilang kalo buat frozen food ini sesuai pepatah "bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian".  Buatnya mungkin butuh waktu tapi saat situasi yang darurat frozen food bisa jadi solusi. Tapi alangkah lebih baik jika frozen food dimasak sendiri. Lebih terjamin, lebih sehat, lebih higienis dan lebih puas. Itu kalau menurut Mama Akma.

Salah satu frozen food yang sering saya buat adalah nugget yang biasanya saya tambahkan sayur. Untuk sayur dan ikannya bisa kita variasi sendiri sesuai selera. Berikut salah satu resep nugget sawi udang ala Mama Akma. Semoga menginspirasi mama2 untuk membuat frozen food untuk buah hatinya.

Nugget sawi udang

Bahan :
udang
telur 3 butir (yg 1 pisahkan putihnya untuk lapisan luar)
bawang putih 4 siung.
merica secukupnya
kaldu bubuk secukupnya
roti tawar 3 lembar
ultra mimi 100ml
sawi
wortel
keju parut
tepung roti

Cara membuat :
bersihkan udang lalu rebus smpai mendidih,sisihkan. Rebus sawi smpai mendidih,peras lalu iris2 sisihkan. Rendam roti tawar dlm susu smpai hancur sisihkan. Haluskan bwg putih,merica dan kaldu. Parut wortel dan keju lalu sisihkan
Campurkan dan blender semua bahan (udang,sawi,telur,bumbu halus,susu,rotjti tawar) smpai halus. Tuang adonan dlm loyang lalu masukkan keju dan wortel parut,ratakan. Kukus krg lebih 20menit lalu dinginkan
Setelah dingin diiris2 sesuai selera balurkan di putih telur lalu diguling2kan ditepung roti. Siap digoreng atau bisa buat persediaan di frezer.
Selamat mencoba ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar