Senin, 19 Januari 2015

sekilas tentang bento




Bento itu apa sih?
Bento adalah istilah yang digunakan orang Jepang untuk menyebut kotak bekal makan siang.Biasanya orang Jepang menata dan menghias makanan di dalamnya dengan cantik dan indah.

Apa yang dimaksud dengan bento tools? Bento tools adalah peralatan yang digunakan untuk mempermudah membuat bento. Bento tools dibagi dalam beberapa kategori, seperti rice mould, egg mould, sausage mould dsb.

Bento cutter : digunakan untuk memotong sayuran, ham, atau cheese. Umumnya bento cutter terbuat dari stainless steel (seperti cookie cutter) atau plastik.
Egg mold / egg shaper : digunakan untuk mencetak dan membentuk telur rebus / telur goreng sesuai dengan bentuk cetakan.
Rice mold : cetakan nasi. Alat ini memadatkan nasi menjadi sesuai bentuk cetakan.
Food Pick : adalah tusukan makanan yg digunakan untuk memperindah bento.
Sauce cup : tempat wadah saus atau kecap atau mayonaise, dengan bentuk yang menarik.
Nori Puncher : alat yang untuk membentuk nori (rumput laut kering) menjadi karakter tertentu. Bentuknya seperti pelubang kertas.

Apa perbedaan bento dengan kyaraben? Apa itu kyaraben?
Kyaraben adalah bento dengan karakter tertentu. Sebuah bento, belum tentu memiliki karakter, contohnya, jika Anda membuat makanan yg ditata dengan rapi dan manis di sebuah kotak bekal, hal ini sudah dapat dinamakan bento. Namun, jika Anda menambahkan unsur sebuah karakter, misalnya mickey mouse, atau panda, beruang, dll, maka bento tersebut dinamanakan kyaraben.

Apa itu nori?
Nori adalah bahan makanan yg sering digunakan dlm membuat bento,terbuat dari rumput laut kering. Nori berbentuk lembaran, sehingga sangat mudah untuk dipotong atau digunting. Rasa nori seperti aroma laut, karena bahannya adalah rumput laut.

Untuk kamu yang ingin belajar membuat bento, ada banyak tutorial untuk membuat bento. Jangan menyerah dan tetap semangat. Mama Akma juga siap membantu bila ada yang mencari bento tools. Untuk koleksinya bisa dilihat di facebook Martha Zaen
Mama Akma juga pernah membahas bento tanpa alat bento keroppi dan bento minion

Selamat mencoba ^^

2 komentar: