Rabu, 02 September 2015

ASI dan MPASI versi mama akma

Alhamdulillah bisa kasih ASI ke Akma sampai 2 tahun (lebih 2 bulan) hehehe. Sayang ga bisa WWL (baca : weaning with love). Saya yang minim pengalaman tentang asi dan mpasi lebih memilih mencari info melalui internet. Dari mulai hamil Akma saya rajin browsing kesana kesini sampai ikut bergabung di forum ibu hamil yang berlanjut ke grup bbm. Alhamdulillah sedikit demi sedikit bisa menambah wawasan saya. Ada ibu bidan,perawat sampai yang ibu rumah tangga biasa seperti saya. Sekedar sharing ataupun bahas permasalahan apapun. Dari masalah kehamilan,melahirkan,menyusui,mpasi sampai mendidik anak. 

Miris memang melihat di sekitar kita yang cenderung menganggap susu formula itu lebih bagus dari ASI. Apalagi kalau harga lebih mahal itu berarti lebih bagus. Tapi saya bangga kok bisa beri ASI untuk Akma. Selain lebih steril,lebih sehat dan lebih ekonomis. Menyusui Akma butuh perjuangan karena saya mempunyai puting yang masuk kedalam alias mendelep hihihi. Apa sih bahasanya, terepes gitu. Jadi lumayan susah untuk memasukkan ke mulut Akma. Deras sih tapi tidak bisa dipompa, atau saya yang tidak bisa pakai pompa ASI hehehe. Sampai seorang perawat yang paling galak menurut saya, tapi selalu mensupport saya untuk memberi ASI untuk Akma. "Allah memberikan apapun udah ada pasangannya. Udah ada aturannya. Akma dikasih puting mamanya seperti itu ya wis diterima. Emang dikasihnya itu kok. Masak mau milih" itu katanya. Dari situ saya bertekad harus berusaha kasih ASI untuk Akma. Kalau minta nenen sampai nangis kejer karena saya masih agak sulit ngepasin puting ke mulutnya. Apalagi kalau udah susah-susah masukin malah lepas lagi. Huffft sampai stres sendiri. Alhamdulillah suami selalu mendukung saya. Saya seperti dapat semangat ekstra. Pernah sih sekali khilaf beli sufor merk X untuk Akma tujuannya kalau pas di luar gitu ga usah repot cari tempat nenen. Untung saya cepet sadar dan kekhilafan saya cuma sebentar. Si sufor cuma diminum 2 atau 3 kali lalu saya biarkan aja sampai akhirnya saya buang.

Serumah dengan mertua yang tidak sefaham tentang ASI membuat saya sebal juga. Menurutnya cucunya masih kurang kalau cuma minum ASI. Perlu ditambah sufor yang bagus lah. Apalagi kalau udah dikasih nenen masih rewel. Katanya itu Akma lapar, dikasih makan aja. Ohh no no no. Maaf ya bu, nunggu 6 bulan dulu. Masih aja dipaksa, si ini cucunya belum 6 bulan udah makan aja gapapa. Si itu anak tetangga kalau makan pisang lahap loh.  Hmmm itu kan anak mereka. Anakku tetep nunggu 6 bulan dulu baru makan. Sabar tunggu waktunya ya sayang.

Begitu umur 3 bulanan, mamanya udah mulai prepare menu mpasi loh. Buat list makanan yg nantinya akan jadi menunya Akma. Begitu Akma lahir udah siap deh menu MPASInya. 6 bulan tepat Akma udah mulai makan. Dimulai pure buah,sayuran kemudian karbohidrat. Tiap pagi udah sibuk nyiapin makannya Akma. Yang kata sebagian orang itu ribet. Tapi saya sukaaa. Lebih sehat dibanding makanan siap saji seperti kebanyakan bubur instan yang beredar di pasaran. Harus meribetkan diri kalau sedang pergi kemana gitu, bawa bekal khusus buat Akma. Tak apalah buat anak, apa aja oke. Apapun makanannya kalau memasaknya dengan cinta pasti enak hihihi. Pernah bahas tentang cooking with love deh sebelumnya. Yang belum pernah baca silahkan mampir. Semoga menginspirasi. Sayangnya entah kemana itu foto contoh menu MPASI Akma. Coba waktu itu saya udah bisa ngeblog. Pasti deh udah saya posting hihihi. Ini yang ada ekspresi Akma waktu saya suapin. Dapet dari facebook. 



Dari bayi Akma memang tidak saya kenalkan dot. Saya mengajarinya pakai sedotan atau pipet kemudian minum langsung dari gelas. Jadi menurut pengertian Akma itu dot hanya untuk adik bayi. Walaupun dia ga ngedot waktu bayi hihihi. Ga jarang sekarang anak sudah TK aja masih minum susu pakai dot. Hufft apa ga malu sama Akma xixixi. 



Makanpun saya mengajarinya sambil duduk. Bukan seperti kebanyakan orang yang menyuapi anaknya sambil jalan kesana kesini. Katanya sih biar makannya banyak. Padahal itu debu kemana-mana. Mengajari makan sendiri juga penting untuk melatih kemandirian anak. Walaupun nantinya mama jadi dobel kerjaan karena harus bersihkan makanan yang belepotan hihihi. Dalam hal ini bukannya saya merasa paling benar. Hanya sekedar sharing. Semua bisa karena biasa. Jangan cuma mengikuti tradisi yang berkelanjutan. Filter yang menurut kita perlu. Semua demi kebaikan sang buah hati. Semoga menginspirasi.

6 komentar:

  1. Iya Tha samaa, ortu mungkin karena rasa kuatirnya sama cucu malah menerankan sufor ya. Aku juga dulu gitu. MPASI nya Akma pasti beragam dan enyak2 ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum.. senasib..mertuaku yg riwil..klo ortuku sih mendukung..malah dulu iseng2 bikin mpasinya rouf dulu..gr2 dpt kado alat tempur mpasi.. padahal masih minim pengetahuan..alat buat mpasi jg lungsuran unclenya hihihi #ketularanmakirits

      Hapus
  2. aku ini kalau nyuapin kudu ngajak gelut mbak, dia nya lari ke sana kemari pakai babywalker, kalau disuapin sambil duduk langsung tutup mulut merem-merem. hadeeh terpaksa digendong sambil nyuapin padahal ya kayak mbak bilang, debunya ke mana-mana, tapiii mau gimana lagi coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pke babywalker tp dikunci mbak biar ga bisa jalan..klo aq berhubung ga ada kuncinya ya ditindihin kaki hihihi..dilatih pelan2 biar jd kebiasaan..misal biar dia lari2 nanti trs nyamperin mamanya pura2 isi bensin.. sekedar masukan ya mbak

      Hapus
  3. Ah, jadi semangat deh buat nyiapin MPASI buat si kecil bulan depan, TFS mbak..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah.. sama2 mbak..semoga bermanfaat...semangatnya

    BalasHapus